May 10, 2021 By muljadi.org 0

Tantangan Kebijakan Luar Negeri Untuk Pemerintahan Obama dan Kemungkinan Solusi

Di Irak masalahnya bukan keamanan tetapi kurangnya demokrasi. Dan demokrasi bukanlah tentang pemilihan umum tetapi tentang kelas menengah yang mandiri secara ekonomi dan politik yang kurang di Irak. Kami memiliki pemerintahan yang korup yang mendukung korupsi dalam politik dan ekonomi dan secara luas dianggap oleh Amerika Serikat dan memang demikian. Sampai perubahan itu terjadi, tidak ada keterlibatan militer yang akan membuat perbedaan.

Satu-satunya cara untuk membalikkan keadaan adalah jika proyek AS di Irak terbuka untuk persaingan termasuk internasional. Itu akan membawa lebih banyak transparansi dan mengarah pada efisiensi dan efektivitas yang lebih baik dari keterlibatan AS dalam ekonomi Irak, membawa orang-orang Eropa, China, Rusia, dan mungkin India yang bersedia, yang mengarah pada kebangkitan ekonomi Irak dan akhirnya mendiskreditkan para militan.

Hal yang sama berlaku untuk Pakistan dan Afghanistan .. Saat ini penduduk desa suku miskin tidak punya pilihan selain menyerah pada intimidasi Taliban dan Al-Quaeda dan menanam opium untuk mereka karena kurangnya kesempatan produktif lainnya. Yang pasti, militan hanya dapat dikalahkan dengan angkatan bersenjata tetapi itu saja telah terbukti tidak berhasil dalam jangka panjang. Merampas dukungan finansial dan populer dari kelompok bersenjata adalah kunci untuk mengalahkan mereka. Aksi militer akan menjadi yang terakhir bukan perhatian utama.

Eropa berada dalam posisi yang sangat berbahaya dan memiliki kemungkinan unik untuk berkembang. Eropa Timur sedang dalam masalah serius dan Eropa Barat tampaknya enggan membantu. AS dapat mempromosikan agendanya sendiri melalui bantuan ekonomi yang dapat berupa finansial tetapi intelektual yang lebih penting di bidang manajemen sambil memanfaatkan bakat teknik lokal. Hal yang sama berlaku untuk Rusia. Mendorong agenda NATO adalah situasi kalah-kalah. Bagi orang Eropa Timur (Ceko misalnya), upaya untuk membangun pangkalan rudal AS di wilayah mereka hanyalah upaya lain untuk membawa pasukan asing ke tanah Ceko tepat ketika mereka menyingkirkan Rusia. Negara-negara Eropa Timur lainnya akan menafsirkannya dengan cara yang sama. Keanggotaan dalam pakta Warsawa yang dipimpin Rusia diperkuat dengan minyak dan gas Rusia yang murah. Saya ragu AS bersedia membayar untuk kesetiaan yang dipertanyakan seperti itu. Namun pemerintahan Obama memiliki peluang unik untuk menempa kebijakan Eropa Barat yang independen terhadap Eropa Timur berdasarkan kerja sama ekonomi (bukan militer) dan memenangkan loyalitas rakyat Eropa Timur yang lelah dieksploitasi sebagai tenaga kerja murah dan tempat pembuangan lingkungan Eropa Barat belum lagi bullying Rusia.

Rusia Putin berada di persimpangan jalan. Tidaklah bijaksana untuk memusuhi mereka di masa-masa sulit ini, Ada banyak kepentingan yang bertemu di mana kedua negara dapat bekerja sama untuk keuntungan bersama. Jangan lupa bahwa d├ętente menyebabkan perestroika dan pada akhirnya membongkar penindasan Uni Soviet dan sistem dominasi internasionalnya sementara lebih dari empat puluh tahun isolasi tidak mengubah rezim di Kuba. Tidak ada gunanya meratapi penderitaan “pengusaha ‘Rusia yang diintimidasi oleh pemerintah mereka karena kebanyakan dari mereka adalah penjahat biasa karena kekayaan mereka karena pelanggaran hukum di era Yeltsin, di sisi lain membunuh jurnalis dan membiarkan pembunuh bebas adalah kejahatan terhadap kebebasan berbicara untuk tidak dimaafkan ..

Saya yakin akan menguntungkan jika pemerintahan Obama bersandar sedikit lebih keras pada China tidak hanya pada hak asasi manusia tetapi juga pada Korea Utara.

Saya tahu menjaga rezim kriminal tetap berkuasa adalah untuk kepentingan mereka yang mendukung kehadiran militer AS di Korea Selatan tetapi tidak berkelanjutan dalam jangka panjang dan pada akhirnya merugikan kepentingan AS dan kepentingan orang-orang di wilayah tersebut. Jadi Korea Utara harus pergi dan sinyalnya harus datang dari Gedung Putih.

Israel? Orang Israel termasuk orang paling cerdas di dunia. Saya yakin mereka hanya menunggu tanda kemana angin akan bertiup. Tetapi tandanya harus cukup konsisten. Saya rasa tidak ada solusi yang mudah. Federasi Yahudi dan Arab sepertinya ide yang bagus tapi mungkin mustahil untuk diterapkan. Bagaimanapun, lebih dari enam puluh tahun politik riil di wilayah tersebut tidak menghasilkan sesuatu yang baik. Sudah waktunya untuk solusi inovatif dengan mempertimbangkan bukan kepentingan dan preferensi pemerintah yang korup dan organisasi teroris yang teduh, tetapi kepentingan dunia nyata dari orang-orang di wilayah tersebut terlepas dari agama, afiliasi nasional atau politik mereka ..

Hal yang sama berlaku untuk orang Amerika Latin yang belum pernah melihat pemerintah Amerika Serikat memperlakukan mereka dengan hormat sebagai orang terlepas dari pemerintah yang korup, kepentingan perusahaan, dan mafia.

Saya percaya bahwa dengan sendirinya terbukti bahwa setiap pemerintahan Amerika harus menjalankan politik luar negerinya berdasarkan premis bahwa kita semua diciptakan setara dan diberkahi dengan hak-hak tertentu yang tidak dapat dicabut.