April 19, 2021 By muljadi.org 0

Sistem Pembuatan Produk Digital

Produk digital ada di mana-mana. Bahkan produk “fisik” seperti CD dan DVD pada dasarnya adalah digital karena trek dan informasi lain yang disimpan di dalamnya dalam format digital. Namun semakin banyak produk seperti buku yang diubah menjadi produk digital dengan perangkat seperti Kindle.

Produk digital memiliki keuntungan karena Marketplace Digital murah untuk dikirimkan, dengan biaya hanya beberapa sen dalam bandwidth.

Tetapi jika Anda ingin membuatnya, Anda memerlukan sistem, jika tidak maka akan kacau dan Anda tidak akan mendapatkan pesanan berulang.

Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk sistem pembuatan produk digital Anda:

1. Buatlah garis besar

Ini bisa dalam format apa pun yang Anda inginkan. Dokumen Word, spreadsheet atau peta pikiran.

Mainkan masing-masing dan lihat mana yang paling cocok untuk Anda. Secara pribadi, saya merasa spreadsheet mudah digunakan karena setiap bagian produk dapat berada dalam kolom dengan subbagian di baris di bawahnya.

Untuk produk yang lebih rumit, saya menemukan rangkaian peta pikiran juga mudah digunakan dan bisa lebih “sekilas” daripada spreadsheet.

2. Tentukan format

Ini mungkin terdengar seolah-olah saya sedang mengajari Anda untuk menghisap telur tetapi mundur selangkah dan pikirkan bagaimana informasi Anda disajikan dengan baik.

Buku PDF bisa bagus jika pokok bahasan Anda cukup rumit. Tetapi secara umum dengan mitra fisiknya, ini cenderung menjadi harga eceran terendah.

Audio adalah yang berikutnya dalam nilai harga dan dapat nyaman bagi pelanggan Anda karena mereka tidak terkunci dalam menggunakan komputer mereka untuk mendengarkan produk Anda.

Video biasanya memiliki harga tertinggi dan dengan program tangkapan layar seperti Screencast-o-matic, mereka tidak mahal untuk diproduksi. Atau Anda bisa menggunakan webcam atau video di ponsel Anda.

3. Ciptakan produk Anda

Menggunakan garis besar dan format pilihan Anda, mulailah membuat produk Anda.

Terutama jika itu adalah produk tertulis, perlakukan penulisan dan proses pengeditan sebagai sepenuhnya terpisah. Mereka menggunakan bagian yang berbeda dari pikiran Anda dan jika Anda mengikuti godaan untuk mengedit saat Anda melanjutkan, Anda akan mengurangi kreativitas produk Anda dan itu akan berisiko terdengar lebih seperti buku teks daripada sesuatu yang ingin dibaca orang.

Simpan bagian produk Anda dengan nama file yang berbeda. Idealnya yang akan masuk akal dalam waktu beberapa bulan ketika Anda kembali untuk membuat versi yang diperbarui!

4. Buat halaman penjualan

Kompleksitas produk Anda dan di mana Anda menjualnya akan bersama-sama menentukan berapa lama dan seberapa “mencolok” surat penjualan Anda.

Ada situs gratis di luar sana yang akan membantu Anda membuat surat penjualan yang lumayan tanpa terlalu banyak keringat dan air mata. Ada juga program perangkat lunak yang tersedia yang akan membawa ini ke tingkat yang lebih tinggi. Atau, jika produk Anda cenderung terjual dalam jumlah banyak, Anda mungkin lebih suka menggunakan copywriter.

Setelah surat penjualan Anda ditulis, Anda harus mengunggahnya ke host web Anda bersama dengan gambar terkait.

5. Unggah produk Anda

Gunakan panel kontrol di host web Anda atau WordPress atau program FTP untuk mengunggah file ke host situs web Anda.

Bergantung pada seberapa paranoid Anda tentang orang yang mencuri produk Anda, Anda mungkin atau mungkin tidak memutuskan untuk memasukkan beberapa bentuk perlindungan untuk ini. Ingatlah bahwa Hollywood memiliki anggaran yang jauh lebih besar daripada Anda dan mereka tidak dapat menghentikan pembajakan, jadi jangan terlalu melindungi sehingga Anda mengganggu pembeli Anda.

6. Promosikan produk digital yang baru Anda buat

Promosi produk Anda sangat penting!

Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke sana dengan berbagai cara termasuk artikel seperti ini, posting forum dan tanda tangan, halaman Facebook, profil LinkedIn Anda, iklan bayar per klik, afiliasi, dan banyak lagi.